Resep Cara Membuat Tahu Bacem Kecap Pedas


Selain tempe, tahu merupakan makanan yang paling sering dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari. Karena mengolah masakan tahu sangat sederhana dan harga tahu pun cukup murah sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan. Tahu juga mudah didapat, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket, bahkan ada juga penjual tahu keliling.
Nah kali ini kita akan bersama-sama mengolah masakan tahu menjadi tahu bacem. Caranya cukup mudah, apalagi yang sudah pernah membuat tempe bacem di resep cara membuat tempe bacem. Karena memang cara membuatnya sama dengan tempe bacem, hanya saja bahannya menggunakan tahu. Atau membuat keduanya secara bersamaan juga bisa, karena menggunakan bumbu yang sama.

Sebelum kita melangkah ke proses cara membuat tahu bacem, sebaiknya perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang tips memilih tahu yang baik. Karena tidak semua tahu itu baik lho, banyak tahu yang mengandung pengawet, formalin, dan obat kimia lainnya yang membahayakan bagi tubuh manusia. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui kualitas tahu yang baik. Adapun tahu yang bebas pengawet maupun pewarna yang berbahaya ciri cirinya yaitu:

  • Dari baunya, jika tahu berbau obat maka itu biasanya mengandung formalin, sedangkan tahu yang normal itu baunya khas kedelai dan agak asam
  • Tahu yang mengandung formalin mempunyai tekstur lebih kenyal dan keras jika ditekan menggunakan jari, tetapi jika tahu yang normal apabila ditekan menggunakan jari akan mudah hancur
  • Tahu yang menggunakan pewarna, akan berwarna kuning sampai ke bagian tengah tahu apabila dibelah. Namun jika tahu berwarna kuning alami menggunakan kunyit, warna kuning hanya ada di permukaan luar saja dan tidak sampai ke bagian tengah tahu
Kurang lebih seperti itu perbedaan antara tahu yang mengandung bahan berbahaya dengan tahu yang normal alami. Nah mulai sekarang kita harus lebih teliti lagi pada saat membeli tahu, jangan sampai kita membeli tahu yang mengandung zat berbahaya. 


Baik selanjutnya yaitu kita melangkah ke cara membuat tahu bacem. Bagaimana caranya dan apa saja bahan bahannya? langsung saja yuk kita siapkan bahan-bahannya untuk membuat tahu bacem.

Bahan-bahan:
- Tahu kotak atau tahu putih 400 gram
- Gula Merah 1 sendok makan
- Air asam 1 sendok makan
- Daun salam 2 lembar
- Lengkuas 2 sm, lalu geprek
- Air 300 ml
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap manis secukupnya
- Minyak untuk menggoreng
- 2 buah cabai merah besar


Bumbu Halus:

  • 4 Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri


Cara membuat tahu bacem:

  1. Haluskan bawang merah, cabai merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri, hingga menjadi bumbu halus
  2. Campur bumbu halus dengan air, asam, gula, garam, dan kecap manis di dalam wajan
  3. Masukkan Tahu, ratakan hingga semuanya terendam bumbu
  4. Tambahkan daun salam dan lengkuas
  5. Masak dengan api sedang sampai air menyusut dan bumbu meresap ke tahu, angkat dan dinginkan
  6. Panaskan minyak kemudian goreng hingga berwarna coklat gelap, angkat dan hidangkan


Tahu bacem siap untuk disajikan, Selamat Mencoba..

0 Response to "Resep Cara Membuat Tahu Bacem Kecap Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel