Cara Membuat Tempe Bacem

Tempe bacem merupakan makanan yang populer di daerah jawa, yaitu makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe lalu diolah dengan bumbu & kecap. Tempe bacem juga kerap ditemui di warung makan seperti Warteg, Rumah Makan Padang, dan rumah makan - rumah makan lainnya. Di samping rasanya yang enak, untuk masalah harga tempe bacem cukup terjangkau. Sehingga menjadikannya tempe bacem sebagai lauk favorit bagi semua kalangan. Selain itu karena berbahan dasar tempe, juga kaya akan gizi khususnya protein nabati.

Bahkan banyak juga keluarga yang hampir tidak pernah melewatkan hari-harinya  tanpa lauk tempe. Entah itu tempe goreng, tempe rebus, tempe bacem, dan lain sebagainya. Karena harganya yang murah dan rasanya tidak membosankan. Harga tempe sangat terjangkau, di pasar tradisional saja Rp 2.000 sudah dapat ukuran cukup besar, kalau di masak sudah cukup untuk makan keluarga, bahkan terkadang masih sisa.

Sebelum kita melangkah ke pembahasan kita mengenai cara membuat tempe bacem, terlebih dahulu kita akan membahas cara atau tips memilih tempe yang baik agar rasanya enak. Walaupun kelihatannya sepele ternyata kualitas tempe pada saat kita beli itu menentukan rasa tempe ketika sudah dimasak. Jadi untuk mendapatkan rasa tempe yang enak, maka perlu diawali dengan pemilihan tempe yang berkualitas. Nah seperti apa sih tempe yang berkualitas? Mari kita simak tips memilih tempe yang baik dan berkualitas.

  • Tempe yang masih dalam keadaan segar, bukan tempe yang sudah lama. ciri cirinya yaitu kedelainya rapat dan padat.
  • Yang kedua yaitu suhu tempe masih terasa hangat dan aroma kedelai masih tercium
  • Pilih tempe yang mempunyai serabut warna putih, jangan yang hitam. Kita kerap menemui di pasaran tempe yang serabutnya berwarna hitam, itu jangan dipilih. Pilihlah serabut yang warna putih
  • Jangan memilih tempe yang berlendir dan baunya tidak sedap, itu tandanya tempe sudah basi
Itulah beberapa tips cara memilih tempe yang berkualitas. Setelah kita mendapatkan tempe yang berkualitas, selanjutnya yaitu mengolah tempe menjadi masakan. Dan kali ini kita akan membuat tempe bacem dengan bumbu yang enak dan spesial. Caranya cukup mudah, karena tidak memerlukan bahan bahan yang banyak. Bumbunya juga sederhana, jadi di dapur kita biasanya sudah tersedia. Nah apa saja bahan bahannya dan bagaimana cara membuat tempe bacem yang enak? Langsung saja yuk kita simak yang berikut ini.


Nah kali ini kami akan berbagi resep cara membuat tempe bacem. Membuat tempe bacem sebenarnya sangat mudah kok, untuk lebih jelasnya mari kita simak langkah-langkah berikut.

Bahan-bahan:
  • Tempe 400 gram, potong-potong sesuai selera
  • Gula Merah 1 sendok makan
  • bawang merah 4 siung
  • bawang putih 3 siung
  • ketumbar 1/2 sendok teh
  • kemiri 2 butir
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 sm, lalu geprek
  • Air putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa atau gula merah secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Membuat Bumbu Halus:
Siapkan cobek, taruh di atasnya cobek:  4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1/2 sendok teh ketumbar, 2 butir kemiri. Uleg hingga semuanya halus.
Atau jika Anda ingin lebih cepat prosesnya dan tidak capek, Anda bisa menghaluskan bumbu menggunakan blender.

Sebelum kita mulai proses membuat tempe bacem, akan saya sedikit jelaskan terlebih dahulu bahwa membuat tempe bacem ada dua cara, yaitu direbus dahulu kemudian digoreng, ada yang digoreng dahulu baru direbus. Dan hasilnya pun akan berbeda. Lantas lebih baik dan lebih enak yang mana? soal itu sih tergantung selera masing-masing, ada yang lebih suka direbus dahulu baru digoreng, ada juga yang suka digoreng dahulu kemudian direbus.
Tapi tidak perlu khawatir, kita akan praktekkan dua-duanya. Untuk cara yang pertama yaitu tempe direbus dahulu kemudian digoreng. Simak yang berikut ini.

CARA PERTAMA: Tempe bacem direbus lalu digoreng
  1. Siapkan wajan, masukkan dan tata tempe pada wajan.
  2. Masukkan bumbu halus, gula, garam, daun salam, lengkuas dan kecap manis ke dalam wajan
  3. Tuangkan air hingga semuanya terendam
  4. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan bumbu meresap
  5. Setelah itu angkat kemudian dinginkan. Anda bisa juga mendiamkan selama satu malam. Tapi jika tidak didiamkan semalamam juga tidak apa-apa, yang penting dinginkan dahulu tempe yang masih panas supaya bumbu meresap.
  6. Selanjutnya yaitu panaskan minyak pada wajan kemudian masukkan tempe yang sudah direbus tadi dan sudah dingin. Goreng hingga berwarna coklat gelap, angkat dan hidangkan
CARA KEDUA: Tempe bacem digoreng lalu ditrebus
  1. Siapkan minyak pada wajan, panaskan hingga siap untuk menggoreng
  2. Goreng semua tempe, tapi jangan sampai tempe matang atau bahkan kering. Goreng setengah matang saja, hingga sedikit kecoklatan.
  3. Angkat lalu tiriskan
  4. Siapkan minyak pada wajan, Anda bisa menggunakan wajan dan minyak bekas goreng tempe tadi, tapi kurangi terlebih dahulu minyaknya, karena akan digunakan untuk menumis bumbu halus, jadi minyaknya sedikit saja
  5. Tumis bumbu halus hingga berbau harum, kemudian tuangkan satu gelas air
  6. Tambahkan gula jawa, garam. Aduk hingga rata dan airnya mendidih. Kemudian tambahkan lagi 1/2 gelas air, lalu tambahkan 5 sendok makan kecap manis. Aduk hingga rata.
  7. Masukkan tempe, sambil diaduk tunggu hingga airnya mendidih
  8. Masukkan daun salam, masak hingga airnya menyusut semua dan tempe matang
  9. Setelah matang, angkat tempe beserta bumbunya dan sajikan
Nah itulah cara membuat tempe bacem dengan dua cara. Kalau Anda pilih cara yang mana?
Kalau saya sih lebih suka cara yang kedua. Kalau cara yang pertama, minyak yang dijadikan untuk menggoreng tempe jadi kotor karena bumbu-bumbu tempe pada tertinggal pada minyak. Dan hasil tempenya tidak ada bumbunya. Sedangkan untuk cara yang kedua minyak yang digunakan untuk menggoreng tempe masih bisa dipakai lagi, dan hasil tempenya pun terdapat bumbunya.

Mungkin itu saja dari saya dalam pembahasan cara membuat tempe bacem, saya ucapkan selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan. Dan keluarga Anda pun menyukainya.
Jangan lupa simak juga resep-resep masakan yang lainnya ya..


0 Response to "Cara Membuat Tempe Bacem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel