10 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah lemon merupakan salah satu dari varian buah jeruk. Oleh karena itu banyak juga yang menyebutnya dengan jeruk lemon. Buahnya berwarna kuning kenari, dan rasanya asam yang menyegarkan. Buah lemon jarang ditemui di pasar tradisional, karena memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan buah jeruk biasa. Buah lemon kebanyakan di jual di mall atau supermarket. Di minimarket saja cukup jarang yang menjual buah lemon.
Walaupun rasanya asam, namun buah lemon memiliki khasiat yang banyak. Banyak yang bertanya, apakah mengkonsumsi buah lemon di pagi hari sebelum sarapan diperbolehkan? Ya, orang tua jaman dahulu sering melarang kita makan atau minum sesuatu yang asam di pagi hari terutama ketika belum sarapan atau perut masih kosong. Sebenarnya itu keliru, dari ilmu kedokteran walaupun kita mengkonsumsi buah lemon yang rasanya sangat asam, tetapi pada saat di perut akan menjadi basa, sehingga tidak masalah ketika mengkonsumsi buah lemon di pagi hari walaupun perut masih kosong.
Lalu apa saja manfaat buah lemon? salah satunya yaitu untuk kesehatan tubuh serta kecantikan wajah. Untuk lebih jelasnya, kita simak manfaat buah lemon antara lain:

  1. Melancarkan Pencernaan

  2. Dengan mengkonsumsi buah lemon, dapat melancarkan pembuangan sisa pencernaan lebih mudah. Sari lemon di dalam tubuh meningkatkan gerakan peristaltik di perut, sehingga membantu buang air besar secara teratur serta menghilangkan limbah tubuh dengan baik. Lemon juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan lain seperti mual ketika asam lambung naik.


  3. Melancarkan tekanan darah

  4. Kandungan kalium di dalam buah lemon sama dengan yang terdapat pada buah pisang, yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Kalium dapat mengontrol dan menstabilkan tekanan darah yang tinggi, pusing, dan mual. Lemon juga dapat memberikan sensasi yang menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga lemon banyak digunakan untuk mengurangi stress mental dan depresi.


  5. Mengatasi sakit tenggorokan

  6. Tidak hanya tanaman herbal, buah lemon juga mampu meredakan batuk serta menjadi buah untuk obat sakit tenggorokan. Lemon sangat bagus untuk mengatasi penyakit tonsilitis (tenggorokan). Caranya yaitu cukup dengan kumur pada air hangat yang ditambahkan dengan satu sendok teh air lemon. Untuk penderita asma, setengah sendok teh air lemon dengan secangkir air hangat dan diminum rutin setiap sebelum makan.


  7. Menghentikan pendarahan dalam tubuh

  8. Kandungan antiseptik yang terdapat pada buah lemon mampu menghentikan perdarahan internal atau pendarahan di dalam tubuh. Caranya yaitu celupkan kapas kecil pada air perasan lemon dan letakkan ke dalam hidung, untuk menghentikan pendarahan pada hidung.


  9. Menjaga Kesehatan Mulut

  10. Buah lemon juga dapat digunakan untuk pembersihan gigi secara rutin. Lemon dapat diterapkan pada bagian yang sakit untuk menghilangkan rasa linu pada gigi. Selain itu lemon juga dapat membantu menghilangkan bau mulut yang berasal dari berbagai penyakit dan kondisi gusi.


  11. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

  12. Makanan yang kita konsumsi terkadang tidak hanya membawa gizi yang baik, namun ada juga yang mengandung zat racun yang berbahaya. Dan apabila zat yang berbahaya itu menumpuk di dalam tubuh, itu sangat tidak baik untuk kesehatan.


  13. Vitamin C dan Berat Badan

  14. Vitamin C berbanding terbalik dengan massa tubuh. Para peneliti menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup membantu tubuh memicu serangkaian reaksi kimia yang memecah lemah tubuh dan berguna sebagai sumber energi. Salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi yaitu buah lemon.


  15. Mengatasi Kulit Kering pada Tumit

  16. Buah lemon juga dapat mengatasi masalah kuti kering dan pecah-pecah pada tumit. Caranya yaitu belah buah lemon menjadi dua, lalu potongan buah lemon tersebut gosok-gosokkan pada kulit yang kering, biarkan hingga meresap dan tidak perlu dibilas pakai air. Lakukan secara rutin.


  17. Mencerahkan Kulit

  18. Bagi yang mempunyai wajah mudah berminyak, sangat bermasalah ketika wajah terlihat mengkilap. Sari buah lemon yang dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, karena madu dan lemon dapat menghasilkan kulit wajar yang segar dan mencerahkan.


  19. Memperkecil Pori-pori Kulit

  20. Pori-pori wajah yang terlihat lebar sangat mengganggu penampilan. Rawat kulit wajah dengan air jeruk lemon. Caranya peras buah lemon, ambil airnya kemudian masukkan ke dalam kulkas hingga dingin. Lalu oleskan pada wajah dan tunggu hingga meresap, bilas dengan air bersih. Lakukan setiap pagi hari.

0 Response to "10 Manfaat Jeruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel