7 Manfaat dan Khasiat Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu tumbuhan jenis sayuran yang biasa ditanam dan dikonsumsi daunnya untuk dijadikan sayur yang biasa kita sebut dengan sayur bayam. Bayam juga dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan zat besi penting. Sayur bayam dapat kita jumpai di warung makan seperti warteg dan sebagainya. Namun alangkah baiknya jika kita memasak sendiri, karena jika kita memasak sendiri akan lebih mengatur bumbu yang digunakan untuk memasak, misalnya kita tidak ingin memberi penyedap rasa atau yang lainnya. Bagi yang belum tahu cara memasak sayur bayam, bisa membaca artikel tentang resep sayur bayam. Di samping segar dan nikmat rasanya, sayur bayam juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium, dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori.
Dengan kandungan nutrisi tersebut, bayam memiliki beberapa manfaat dan khasiat diantaranya:


  1. Melawan Sel Kanker
  2. Salah satu manfaat bayam yaitu melawan sel kanker, hal ini karena bayam mengandung vitamin A dan C, serat, asam folat, serta 13 flavonoid yang berguna untuk memerangi sel kanker. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada bayam dapat menurunkan resiko terserang kanker sebesar 34% terutama kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut.

  3. Menjaga Kesehatan Mata
  4. Karena bayam mengandung vitamin A maka sangat baik untuk menutrisi organ penglihatam mata. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata.

  5. Mencegah Serangan Jantung
  6. Gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu terserang penyakit jantung dan berpotensi besar mengakibatkan serangan jantung. Salah satu makanan untuk mencegah serangan jantung yaitu dengan rutin mengkonsumsi sayur bayam. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat pada bayam dapat membuat jantung lebih terjaga kesehatannya.

  7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  8. Bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena di dalamnya terkandung kalium dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang sehingga sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau darah tinggi. Folat yang terkandung pada bayam juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya mempertahankan kelancaran pada sistem aliran darah.

  9. Mencegah Diabetes
  10. Manfaat bayam yang lain yaitu untuk mencegah diabetes. Kandungan magnesium yang ada dalam bayam dapat membantu mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan mengkonsumsi bayam secara rutin, akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari diabetes.

  11. Mencega Anemia
  12. Bayam merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi berfungsi untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah. Zat besi juga mampu meregenerasi atau memperbanyak jumlah sel darah merah. Sehingga dapat mencegah terjangkit penyakit anemia.

  13. Baik untuk Masa Pertumbuhan
  14. Bayam juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Karena kandungan zat besi dan mineral di dalamnya sangat baik untuk membantu masa pertumbuhan anak dan remaja. Selain itu, bayam juga baik untuk wanita yang sedang menstruasi. Bayam lebih banyak mengandung kalori seperti rendah lemak dan bebas kolesterol dibanding dengan daging merah

0 Response to "7 Manfaat dan Khasiat Sayur Bayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel